Categories
Info Anak

Cara Asuh Anak Agar Sukses di Masa Depan

Ada beberapa cara agar anak sukses di masa yang akan datang, dari berbagai cara tersebut hal yang paling penting adalah bagaimana cara menanamkan pola pikir anak yang dilakukan sejak dini, bahkan dari usia prasekolah? Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua.

1. Memberikan Contoh

Sebelum orang tua mengajarkan suatu pemikiran tertentu kepada anak maka hal paling penting adalah bagaimana orang tua memberi contoh lebih dulu. Misalnya tentang kerja keras.

Orang tua yang ingin menanamkan pola pikir kepada anak bahwa kerja keras itu adalah kunci sukses maka ia pun harus menunjukkan hal tersebut di depan anaknya lebih dulu. Nantinya anak bukan hanya akan mengingat kata-kata Anda sebagai orang tua tetapi juga tindakan yang Anda lakukan tentang kerja keras tersebut.

2. Memberi Tahu di Momen yang Tepat

Sebagai orang tua, tahukah Anda kapan memberikan pemahaman nilai pola pikir yang paling tepat pada anak?

Sebaiknya jangan menasihati anak pada saat marah atau di depan orang lain. Misalnya Anda ingin mengingatkan pada anak bahwa hidup sederhana itu penting, jangan memarahi dan menasihatinya pada saat ia marah dan sedang meminta sesuatu hal.

Baca:  Informasi Kisaran Tarif Bimbel Privat TK Sampai SMA

Cobalah cari momen di saat yang tepat untuk memberi nasihat. Misalnya saat kondisi anak sedang santai, anak sedang dekat dengan Anda atau anak sedang melihat Anda kesulitan dalam keuangan misalnya sehingga nasihat tentang hidup sederhana bisa lebih masuk ke pikiran anak.

3. Memilihkan Pendidikan yang Tepat

Pendidikan anak selain bersama orang tua di rumah juga perlu menempuh pendidikan formal. Memilih pendidikan formal untuk anak harus disesuaikan dengan pola pikir apa yang ingin ditanamkan orang tua kepada anaknya.

Misalnya bagi orang tua yang ingin menanamkan pola pikir kepada anak bahwa agama itu penting maka pendidikan yang dipilih juga terkait hal tersebut. Orang tua yang ingin menanamkan pemikiran bisnis pada anaknya maka akan diarahkan pada pendidikan yang sesuai dengan hal tersebut.

Pendidikan formal nantinya akan membantu orang tua dalam menanamkan pola pikir yang sesuai kepada anak-anaknya. Jadi jangan salah memilih pendidikan untuk anak. Apa visi misi Anda untuk anak, tanyakan juga apa yang menjadi keinginan anak Anda.

Salah satu pengembangan pola asuh yang cukup populer juga saat ini adalah pola asuh berbasis fitrah yang dikembangkan oleh Harry Santosa dan merujuk pada pengasuhan yang sampaikan oleh Imam Ghazali.

Pada pola asuh berbasis fitrah ini, seorang anak ditekankan untuk distimulasi fitrahnya meliputi 8 macam fitrah yakni:

  • Fitrah keimanan pada anak
  • Fitrah bakat
  • Fitrah belajar dan bernalar
  • Fitrah perkembangan
  • Fitrah cinta dan seksual
  • Fitrah individualitas dan sosialitas
  • Fitrah bahasa dan estetika
  • Fitrah fisik dan indra

Fitrah keimanan mengenal Tuhan merupakan hal pertama yang harus ditanamkan oleh orang tua kepada anak sejak usia 0 hingga 7 tahun. Usia ini sangat menentukan keberhasilan pendidikan anak di tahap usia selanjutnya, termasuk bagaimana anak membangun pola pikir yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *